Perilaku Administrasi
Perilaku Administrasi
- Perilaku organisasi/administrasi adalah sikap atau tindakan manusia yang ada dalam suatu organisasi.
- Unsur pokok dari perilaku organisasi, yaitu orang (mahluk hidup yang berjiwa, berpikiran dan berperasaan yang menciptakan organisasi untuk mencapai tujuan), struktur (hubungan resmi orang-orang dalam organisasi), teknologi (sarana) dan lingkungan (tempat organisasi beroperasi).
- Dinamika kelompok:
1. Kelompok mempengaruhi individu.
2. Kelompok mempengaruhi kelompok lain.
3. Kelompok mempengaruhi perilaku dalam organisasi.
- Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari satu sumber berita kepada penerima melalui saluran tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan tanggapan dari penerima.
- Unsur komunikasi:
1. Sumber informasi.
2. Transmisi pengubah data (penerjemahan).
3. Gangguan.
4. Penerima.
5. Tujuan akhir.
- Konflik adalah ketidak sesuaian antara dua atau lebih kelompokdalam organisasi yang timbul karena penggunaan sumber daya yang langka secara bersama-sama.
- Persaingan, yaitu kedua belah pihak tidak dapat mencapai tujuan secara serentak dan keduanya tidak saling mengganggu (pencapaiana tujuan tidak secara serentak dan tidak saling mengganggu).
- Cara pandang terhadap konflik:
1. Pandangan tradisional, yaitu konflik dirasa tidak perlu timbul dalam organisasi karena akan menyebabkan kerusakan fungsi di dalam organisasi.
2. Pandangan hubungan kemanusiaan, menyatakan bahwa konflik adalah sesuatu yang alami.
3. Pandangan interaksionis, konflik mutlak perlu di dalam organisasi agar dapat menghasilkan kinerja yang efektif.
- Struktur komunikasi merupakan komunikasi yang disampaikan melalui saluran-saluran formal organisasi. Struktur komunikasi meliputi:
1. Strutur komunikasi terpusat (sasaran pada pimpinan organisasi).
2. Struktur komunikasi keperilakuan (komunikasi yang berlangsung tidak secara primitif, yakni bukan hanya dengan dasar kebiasaan).
3. Struktur yang dilakukan oleh dua orang.
- Mengapa perkembangan kelompok dikatakan proses yang dinamis?
Jawab:
Karena perkembangan kelompok melalui proses yang tidak singkat dengan melalui tahap-tahap:
1. Saling menerima.
2. Komunikasi dan pengambilan keputusan.
3. Motivasi dan produktifitas.
4. Pengendalian dan organisasi.
- Perilaku organisasi/administrasi adalah sikap atau tindakan manusia yang ada dalam suatu organisasi.
- Unsur pokok dari perilaku organisasi, yaitu orang (mahluk hidup yang berjiwa, berpikiran dan berperasaan yang menciptakan organisasi untuk mencapai tujuan), struktur (hubungan resmi orang-orang dalam organisasi), teknologi (sarana) dan lingkungan (tempat organisasi beroperasi).
- Dinamika kelompok:
1. Kelompok mempengaruhi individu.
2. Kelompok mempengaruhi kelompok lain.
3. Kelompok mempengaruhi perilaku dalam organisasi.
- Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari satu sumber berita kepada penerima melalui saluran tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan tanggapan dari penerima.
- Unsur komunikasi:
1. Sumber informasi.
2. Transmisi pengubah data (penerjemahan).
3. Gangguan.
4. Penerima.
5. Tujuan akhir.
- Konflik adalah ketidak sesuaian antara dua atau lebih kelompokdalam organisasi yang timbul karena penggunaan sumber daya yang langka secara bersama-sama.
- Persaingan, yaitu kedua belah pihak tidak dapat mencapai tujuan secara serentak dan keduanya tidak saling mengganggu (pencapaiana tujuan tidak secara serentak dan tidak saling mengganggu).
- Cara pandang terhadap konflik:
1. Pandangan tradisional, yaitu konflik dirasa tidak perlu timbul dalam organisasi karena akan menyebabkan kerusakan fungsi di dalam organisasi.
2. Pandangan hubungan kemanusiaan, menyatakan bahwa konflik adalah sesuatu yang alami.
3. Pandangan interaksionis, konflik mutlak perlu di dalam organisasi agar dapat menghasilkan kinerja yang efektif.
- Struktur komunikasi merupakan komunikasi yang disampaikan melalui saluran-saluran formal organisasi. Struktur komunikasi meliputi:
1. Strutur komunikasi terpusat (sasaran pada pimpinan organisasi).
2. Struktur komunikasi keperilakuan (komunikasi yang berlangsung tidak secara primitif, yakni bukan hanya dengan dasar kebiasaan).
3. Struktur yang dilakukan oleh dua orang.
- Mengapa perkembangan kelompok dikatakan proses yang dinamis?
Jawab:
Karena perkembangan kelompok melalui proses yang tidak singkat dengan melalui tahap-tahap:
1. Saling menerima.
2. Komunikasi dan pengambilan keputusan.
3. Motivasi dan produktifitas.
4. Pengendalian dan organisasi.